Gejala Umum Batu Ginjal Pada Perempuan

sakit perut

Penyakit batu ginjal bisa terjadi pada siapa saja, tapi beberapa tahun terakhir kasus batu ginjal pada perempuan mulai meningkat. Karenanya kenali gejala yang umum dari batu ginjal pada perempuan.

Peningkatan jumlah kasus batu ginjal pada perempuan kebanyakan disebabkan oleh gaya hidup yang salah. Salah satunya adalah terlalu banyak mengonsumsi kalori dan sedikit konsumsi protein, vitamin serta mineral.

Batu ginjal adalah suatu penyakit yang terjadi akibat adanya gumpalan batu di ginjal seseorang. Batu-batu ini merupakan kumpulan atau agregat dari beberapa partikel asing dan bahan-bahan limbah di dalam tubuh serta sel-sel kulit mati.

Sebagian besar kasus batu ginjal yang terjadi aibat agregat dari kalsium yang bisa berasal dari suplemen kalisum yang dikonsumsi perempuan.

Karena itu sangat penting untuk mendeteksi adanya batu ginjal pada tahap awal. Karena jika batu ginjal ini diketahui sudah tahap akhir, maka bisa berakibat fatal.

Seperti dikutip dari Indiavision, Senin (14/6/2010) gejala umum dari batu ginjal adalah rasa sakit di perut bagian bawah selama menstruasi. Namun rasa sakit ini terkadang sangat ringan sehingga sebagian besar kasus kerap kali tidak terdeteksi.

Tapi jika pada saat yang bersamaan perempuan tersebut juga mengalami beberapa masalah berkemih seperti rasa sakit selama buang air kecil, perubahan warna urin atau adanya darah dalam urin, maka bisa menjadi petunjuk dari gejala batu ginjal. Gangguan dan gejala lainnya juga bisa muncul seperti demam, mual, muntah, banyak berkeringat serta kelambanan berpikir.

Selain itu bisa juga timbul rasa nyeri ketika perut atau punggung disentuh, rasa sakit di sisi tubuh, punggung, pangkal paha atau alat kelamin. Terkadang rasa sakit ini disebut dengan kolik ginjal.

Batu ginjal merupakan penyakit serius yang dapat menyebabkan komplikasi seperti infeksi, penyumbatan saluran kemih serta peradangan. Karenanya batu ini harus dikeluarkan sesegera mungkin dari dalam tubuh sebelum timbul komplikasi yang berbahaya.

Beberapa cara bisa dilakukan untuk mengeluarkan batu ginjal dari dalam tubuh seperti mengonsumsi obat tertentu yang bisa menghancurkan batu dan dikeluarkan melalui urin, teknik radiasi dalam menghancurkan batu serta teknik pembedahan jika batu yang ada sudah terlalu besar.

0 comments:

Tips and Information Online © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia