Memanfaatkan Tubuh Orang Mati

mayatMemanfaatkan Tubuh Orang Mati - Agar tetap bermanfaat, beberapa orang rela menyumbangkan tubuhnya setelah meninggal. Pengorbanan itu tidak akan sia-sia sebab ternyata ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan tubuh orang yang sudah meninggal.

Salah satu sukarelawan yang ingin menyumbangan mayatnya adalah J Nathan Bazzel, pria 38 tahun asal Amerika. Ia telah menandatangani persetujuan agar tubuhnya digunakan untuk penelitian oleh College of Physicians di Philadelphia.

Pada tahun yang sama, pria yang mengidap HIV positif ini juga telah mendonorkan kedua tulang panggulnya yang terpaksa diangkat. Ia sendiri saat ini menggunakan tulang panggul buatan karena panggul asli terancam rusak oleh obat-obatan anti-HIV.

"Merupakan hadiah yang tak ternilai bagi saya jika suatu saat otak, ginjal dan seluruh tubuh saya bisa berguna untuk mengembangkan obat-obat yang bermanfaat bagi pengidap HIV yang lain," ungkap Bazzel seperti dikutip dari CNN, Senin (1/11/2010).

Bukan hanya untuk penelitian medis, mayat manusia sebenarnya juga sering dibutuhkan untuk banyak keperluan yang lain. Manfaat tubuh yang mati di antaranya adalah:

Untuk donor organ dan jaringan
Tanpa ada darah yang mengalir, seluruh organ dan jaringan tubuh manusia akan membusuk setelah meninggal. Sementara itu dalam sehari rata-rata ada 90 orang meninggal di seluruh dunia akibat kekurangan donor ginjal, jantung, hati, pankreas dan organ lainnya.

Jaringan-jaringan tubuh seperti kornea, katup jantung dan persendian juga banyak dibutuhkan oleh jutaan manusia di berbagai rumah sakit. Tak heran jika banyak yang rela menunggu bertahun-tahun untuk mendapatkan donor, sebab donasi semacam itu benar-benar bisa meningkatkan kualitas hidup seseorang.

Untuk bahan eksperimen ilmiah
Mahasiswa kedokteran biasanya menggunakan mayat asli untuk belajar anatomi dan forensik. Kadang-kadang, eksperimen atau uji coba teknik baru sebuah tindakan medis juga lebih aman dilakukan pada mayat dibandingkan pada manusia yang masih hidup.

Laboratorium biomekanika juga membutuhkan mayat asli untuk uji coba efek benturan dalam sebuah kecelakaan mobil. Salah satu laboratorium semacam ini terdapat di Wayne State University, Michigan.

Untuk dipamerkan
Untuk keperluan ini, biasanya mayat akan diawetkan dengan teknologi yang dikenal sebagai polymer impregnation. Teknik yang dipopulerkan oleh Institut fur Plastination di Jerman ini dilakukan dengan mengganti cairan tubuh pada mayat dengan polimer plastik khusus yang membuatnya tampak sangat hidup.

Cara lain untuk memamerkan tubuh manusia adalah dengan mengulitinya hingga tersisa tulang belulang saja. Salah satu museum yang banyak memamerkan kerangka manusia asli adalah Maxwell Museum of Anthropology yang terletak di University of New Mexico.

0 comments:

Tips and Information Online © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia