6 Pengobatan Alami yang Bisa Dipercaya

pijatPengobatan alami bisa menjadi salah satu pilihan pengobatan untuk beberapa kondisi. Ada 6 pengobatan alami yang dapat dipercaya untuk mengatasi beberapa kondisi tubuh.

Beberapa pengobatan alami seperti terapi pikiran, tubuh dan akupunktur memang dipercaya bisa mengatasi kondisi tubuh tertentu. Pengobatan alami ini bisa digunakan sebagai pelengkap dari pengobatan utama.

Dikutip dari Prevention, Selasa (2/11/2010) ada 6 pengobatan alami yang bisa dipercaya untuk mengatasi kondisi tertentu, yaitu:

1. Pijat untuk mengatasi depresi

Tekanan mental dan emosional yang kronis bisa menyebabkan depresi dan sejumlah studi telah menemukan bahwa terapi pijat dapat menghilangkan depresi atau stres.

Peneliti mengungkapkan pijat dapat memacu pelepasan endorfin yang dapat meningkatkan suasan hati, serta diperkuat dengan adanya kedekatan atau kontak sentuhan. Keuntungan lain yang didapat adalah mengurangi kekakuan, raas sakit dan mempercepat penyembuhan cedera.

2. Coklat (Cocoa) untuk mengatasi hipertensi
Semakin gelap warna cocoa, maka semakin baik menurunkan tekanan darah pada orang yang hipertensi berat. Peneliti mengungkapkan kandungan flavanols dalam cocoa yang disebut epicatechin, dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dengan membantu merilekskan dinding pembuluh darah.

Keuntungan lain yang didapat adalah cocoa kaya antioksidan, memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memperlambat penuaan.

3. Akupunktur untuk mengatasi sakit kronis
Penelitian baru menegaskan bahwa terapi ini bisa menghilangkan berbagai nyeri dari ujung kaki hingga kepala. Setelah melakukan 6 kali, seseorang akan merasakan efeknya atau bahkan rasa sakit tersebut hilang. Selain itu akupunktur juga diketahui dapat meningkatkan mobilitas orang yang mengalami osteoarthritis.

Menurut pengobatan China, jarum-jarum yang ditusukkan bisa membantu menyeimbangkan aliran energi. Sedangkan menurut ilmuwan barat, jarum tersebut merangsang tubuh melepaskan opioid alami, mengurangi rasa sakit yang nantinya dapat mengembalikan mobilitas, kekuatan dan fleksibilitas orang tersebut.

4. Hipnosis untuk mengatasi hot flashes (rasa seperti terbakar)
Hipnosis dapat mengubah cara otak menerima sinyal dari tubuh dan dari dunia luar, karenanya hipnosis dapat membantu otak menurunkan kepekaannya terhadap rasa panas. Keuntungan lain yang didapat adalah hipnosis bisa mengurangi kecemasan, depresi dan meningkatkan kualitas tidur.

5. Glucosamine untuk mengatasi nyeri sendi
Sebuah studi analisis mengungkapkan glucosamine yang dalam bentuk sulfat jika dikombinasikan dengan chondroitin bisa mengurangi nyeri sendi pada orang yang memiliki radang sendi sedang hingga berat. Namun satu hal yang harus diperhatikan adalah dosisnya, karena itu konsultasikan terlebih dahulu sebelum mengonsumsinya.

6. Tai chi untuk mengatasi insomnia
Tai chi awalnya dikembangkan sebagai seni bela diri di China, tapi peneliti justru menemukan bahwa tai chi dapat membantu memperbaiki kualitas tidur orang dewasa yang mengalami insomnia sedang. Manfaat lain yang bisa didapatkan adalah membantu meningkatkan keseimbangan dan juga mengurangi risiko terjatuh.

0 comments:

Tips and Information Online © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia