Jangan Salah Saat Berlari

BerlariBerlari dan berjalan merupakan bentuk olahraga yang rendah risikonya. Tapi sebagian besar orang tidak berlari dengan benar yang membuatnya tidak mendapatkan manfaat maksimal dan berisiko mengalami cedera.

Setidaknya ada 6 kesalahan yang biasa dilakukan orang ketika sedang berlari. Seperti dikutip Lifemojo, Kamis (28/4/2011), kesalahan saat berlari ini yang seharusnya dihindari.

Terlalu lebar melangkah
Setiap orang memang memiliki panjang langkah yang berbeda-beda. Tapi ketika seseorang melangkahkan kakinya lebih lebar atau panjang kemungkinan bisa menyebabkan postur tubuh yang buruk dan sakit punggung. Karena itu daripada mengambil langkah lebar, lebih baik mengambil langkah pendek-pendek dan berjalan lebih cepat.

Salah menggunakan alas kaki
Menggunakan alas kaki yang salah tidak hanya membuat orang merasa tidak nyaman tapi juga menjadi rentan cedera. Alas yang digunakan harus ringan serta fleksibel yang memungkinkan orang untuk bebas bergerak dan membuat kaki tidak sakit dari tumit hingga ujung kaki.

Jika ingin lama berjalan, pilihlah sepatu yang agak longgar sehingga tidak sakit ketika kaki membengkak. Karena lama berjalan dengan sepatu ketat bisa menyebabkan rasa sakit dan kram.

Pakaian yang tidak tepat
Pakaian yang salah bisa mengganggu termoregulasi (kemampuan tubuh untuk menjaga suhu di dalam agar tidak terlalu berbeda dengan suhu lingkungan) yang nantinya mempengaruhi efisiensi berjalan. Pilihlah pakaian sesuai dengan kondisi lingkungan, jika iklim panas gunakan pakaian yang menyerap keringat dan jika iklim dingin gunakanlah jaket.

Kurangnya ayunan lengan
Normalnya ketika berjalan atau berlari maka lengan akan terayun untuk mengimbangi gerakan kaki, serta membantu gerakan tubuh sehingga bisa berjalan lebih cepat. Kurangnya ayunan lengan bisa memberikan banyak tekanan pada punggung yang bisa menimbulkan nyeri. Jadi pastikan lengan mengayun maju mundur berlawanan arah gerakan kaki.

Postur tubuh yang salah
Postur tubuh yang tidak benar bisa menyebabkan masalah seperti sakit leher, nyeri punggung dan bahu serta kesulitan bernapas. Ketika berlari pastikan tubuh berdiri tegak, jangan membungkuk, tarik perut dan jaga lengkungan alami tulang belakang untuk mencegah tekanan atau stres yang tidak semestinya.

Overtraining
Terlalu semangat membakar kalori bisa membuat orang berlari di luar kapasitasnya yang memicu overtraining. Dampak yang timbul adalah merasa lelah, mudah marah, nyeri dan sakit kepala. Jika seperti ini lebih baik beristirahat dan menyegarkan diri.

0 comments:

Tips and Information Online © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia