Sikat Gigilah dengan Gaya Merah-Putih Bukan Kiri-Kanan

sikat gigi

Semua orang tentunya bisa sikat gigi, tapi belum tentu paham menyikat gigi yang benar. Kebanyakan orang menyikat gigi dengan keliru dengan gerakan kiri-kanan padahal yang benar adalah gerakan merah-putih.

Gerakan menyikat kiri-kanan tidak bisa menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi. Sebaliknya gaya merah-putih paling tepat membersihkan kotoran.

Gaya merah-putih adalah menyikat gigi dari gusi ke gigi jadi gerakan atas bawah. Dengan gerakan merah-putih sisa makanan yang tertinggal di antara celah-celah gigi bisa dikeluarkan.

Menyikat gigi berguna untuk membersihkan gigi dan mulut dari berbagai bakteri atau sisa-sisa makanan. Karena ada sekitar 300 jenis bakteri hidup di dalam mulut manusia.

Itulah sebabnya mengapa pentingnya untuk belajar menyikat gigi yang benar. Menyikat gigi yang benar dapat membantu menjaga mulut tetap bersih dan sehat.

Cara menyikat gigi yang benar seperti dilansir dari dental.org, Kamis (30/12/2010) adalah:


  1. Mulailah dengan menyikat gigi yang digunakan untuk mengunyah untuk menghilangkan sisa-sisa makanan

  2. Sikat gigi dimiringkan dan disikat memutar dengan sudut sedikat 45 derajat

  3. Hilangkan kebiasaan buruk menyikat gigi dengan gerakan kiri-kanan. Gerakan yang benar adalah 'merah-putih', yaitu dari gusi ke gigi.

  4. Sikat gigi dengan lembut untuk membantu mengurangi plak dan merangsang gusi. Lakukan pijatan gusi untuk memperlancar peredaran darah.

  5. Pindahkan sikat gigi ke posisi vertikal dan fokus dan gigi depan atas dan bawah dalam. Ini adalah bagian gigi tempat plak sering terakumulasi.

  6. Bersihkan gigi pada seluruh permukaan gigi sampai ke celah-celah gigi dan saku gusi

  7. Buka mulut Anda lebar-lebar dan sikat juga permukaan lidah, bagian dalam pipi dan lagit-langit mulut. Ini merupakan langkah penting dalam menyikat gigi yang benar, karena kotoran bisa menjadi 80 persen penyebab bau mulut.

  8. Bila dirasa kurang bersih, bisa diulangi cara-cara di atas.

  9. Setelah selesai, bilas mulut dan sikat gigi dengan air bersih. Dan rendam sikat gigi beberapa menit di dalam air panas untuk membunuh bakteri mulut yang mungkin tertinggal di sikat gigi.


Selain cara menyikat gigi yang benar, ada pula hal-hal yang sebaiknya diperhatikan dalam menyikat gigi, antara lain:

  1. Sikat gigi 2 kali sehari bisa menghindari Anda dari berbagai macam penyakit. Tidak hanya penyakit gusi dan mulut, tetapi juga penyakit serius seperti jantung.

  2. Sikat gigi diwaktu yang tepat, yaitu kurang lebih 20 menit setelah makan.

  3. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut dengan kepala sikat sesuai dengan ukuran mulut.

  4. Hindari penggunaan sikat gigi yang bulu sikatnya sudah rusak

  5. Jangan menaruh sikat gigi dekat dengan toilet karena bakteri dari toilet bisa menempel di sikat.

0 comments:

Tips and Information Online © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia