Sentuhan Bisa Bikin Orang Lebih Sehat

sentuhan

Segala bentuk sentuhan baik itu berupa genggaman tangan, pemijatan atau pelukan diketahui memiliki efek terhadap tubuh dan pikiran. Karena itu sentuhan yang diterima seseorang bisa membuatnya lebih sehat.

Efek yang ditimbulkan dari sentuhan ini bisa menurunkan tekanan darah, membuat jantung sehat, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh, menghilangkan rasa sakit serta mengurangi kecemasan.

Ada beberapa cara sentuhan yang bisa dilakukan seseorang untuk meningkatkan kesehatannya, seperti dikutip dari CNN, Jumat (4/3/2011):

Melakukan pemijatan
Siapa pun yang mendapatkan pemijatan meskipun hanya sebentar bisa membantunya menjadi santai. Kondisi ini bukannya sebatas sensasi psikologis saja, tapi membuat otot menjadi rileks, detak jantung normal, tekanan darah normal dan tingkat hormon kortisol (hormon stres) menurun. Dalam keadaan rileks ini akan berdampak terhadap sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

"Hormon kortisol bisa menekan respons dari sistem kekebalan, karenanya apapun yang bisa meningkatkan respons relaksasi akan memicu peningkatan sisten kekebalan tubuh," ujar Roberta Lee, MD dari Department of Integrative Medicine dari Beth Israel Medical Center, New York City.

Memberikan pelukan
Pelukan bisa membuat seseorang merasa aman, percaya satu sama lain dan menurunkan hormon kortisol karena adanya hormon oksitosin. Penelitian yang dilakukan University of North Carolina menunjukkan adanya penurunan tekanan darah serta detak jantung, dan pelukan yang diberikan oleh orang yang dipercaya bisa memberikan efek lebih besar.

Pegangan tangan
Berpegangan tangan sambil melilitkan jari jemari dengan pasangan bisa sangat menenangkan, menurunkan kecemasan, mengurangi kadar hormon stres yang mengalir di sistem tubuh serta membantu seseorang merasa lebih bahagia.

Hubungan seksual
Melakukan hubungan seks akan melibatkan kontak kulit dengan kulit di seluruh tubuh, sehingga seseorang akan dibanjiri oleh oksitosin dan endorfin yang membuat emosional menjadi lebih sejahtera dan merasa lebih baik.

Studi dari Wilkes University in Wilkes-Barre, Pennsylvania menemukan berhubungan seks 1-2 kali dalam seminggu akan membuat seseorang memiliki kemampuan 30 persen lebih besar dalam melawan infeksi immunoglobulin A (IgA) dalam air liurnya.

Berpelukan dengan hewan peliharaan
Studi menunjukkan bahwa hewan peliharaan baik itu anjing, kucing, kelinci atau pun ikan bisa membuat tekanan darah menurun, meningkatkan fungsi kekebalan tubuh serta mengurangi rasa sakit.

Manfaat ini bisa didapatkan dengan cara memperhatikan pola tingkah hewan misalnya saat ia meloncat, menggaruk telinga, membelainya serta bermain dan menghabiskan waktu bersama. Tapi pemilik harus tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatan hewan peliharaannya.

0 comments:

Tips and Information Online © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia