Deteksi Kekurangan Vitamin Lewat Lidah

LidahMengetahui apakah asupan vitamin sudah mencukupi atau tidak adalah hal yang sulit. Tapi ternyata kadar vitamin yang rendah bisa dideteksi lewat lidah.

Lidah digunakan untuk mengunyah, mengecap dan membantu menelan yang penggunaannya sepanjang hari. Karenanya kelainan yang terjadi akan sangat jelas terlihat yang membuat lidah bisa membantu deteksi kekurangan vitamin.

Dikutip dari Livestrong, Jumat (22/10/2010) berikut beberapa kondisi pada lidah yang terkait dengan kekurangan suatu vitamin, yaitu:

Lidah yang retak atau pecah-pecah
Permukaan lidah yang terlihat retak atau pecah-pecah (fissures) menunjukkan tubuh kekurangan vitamin A. Biasanya kekurangan vitamin A lebih sering dikaitkan dengan masalah penglihatan, tapi ternyata juga berpengaruh terhadap kesehatan lidah.

Lidah sariawan
Kekurangan vitamin C yang cukup parah bisa menyebabkan timbulnya sariawan di lidah, biasanya sariawan terdapat di bibir atau pada bagian dalam pipi. Kondisi ini akan menyakitkan dan mengganggu proses makan. Jika kondisinya cukup parah bisa menyebabkan lidah berdarah atau sariawannya ditutupi oleh selaput berwarna abu-abu yang tebal.

Selain itu kekurangan niacin (vitamin B3) bisa menyebabkan lidah kemerahan dan rasa sakit di seluruh mulut sebelum timbulnya sariawan. Sariawan yang terjadi akibat kekurangan niacin terjadi pada bagian bawah lidah atau bibir bagian bawah serta menimbulkan rasa nyeri yang signifikan.

Rasa seperti terbakar dan kesemutan di lidah
Berdasarkan American Family Physician, setiap seseorang kekurangan vitamin B terutama vitamin B12 bisa menyebabkan rasa terbakar di lidah dan juga kesemutan. Namun jika kondisi ini tak juga hilang meskipun sudah mengonsumsi vitamin B12, kemungkinan ada faktor lain yang mempengaruhi.

Perubahan warna lidah
Kekurangan asam folat, vitamin B12 dan juga niacin bisa membuat warna lidah berubah dan merusak sidik atau tanda di lidah seseorang yang disebut dengan papillae. Seseorang yang vegetarian atau memiliki penyakit yang berhubungan dengan sistem pencernaan berisiko mengalami kekurangan vitamin B12. Dengan mengonsumsi kekurangan vitamin tersebut akan membantu mengembalikan warna merah lidah.

0 comments:

Tips and Information Online © 2011 - 2013 by Kumpulan Cara | thanks to: Google | Yahoo Indonesia | Supported by Blog Indonesia